» » » IBI Darmajaya Bekali Mahasiswa Keterampilan Membuat Situs Internet

Zaenal Asikin/Teraslampung.com

Pelatihan membuat situs internet dinamis di Laboratorium Multimendia IBI Darmajaya, Jumat (16/5)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com - Untuk menambah wawasan dan keterampilan mahasiswa dalam membuat situs internet, Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika dan Sistem Informasi (HIMA MISI) IBI Darmajaya menyelenggarakan pelatihan membuat situs internet dinamis di Laboratorium Multimedia IBI Darmajaya, Jumat (16/5).

Pelatihan ini diikuti sekitar 60  mahasiswa jurusan manajemen informatika dan sistem informasi (MI dan SI). Sementara pemateri yakni dari ICT Center IBI Darmajaya dan pengelola Networking IBI Darmajaya Ruki Rizal, S.Kom dan Fajrin Armawan.

Dikatakan ketua HIMA MISI Darmajaya, Tanginudin, pelatihan situs internet dinamis dilakukan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam merancang web dinamis. Hal ini penting mengingat trend sekarang yang hampir disetiap aspek membutuhkan situs internet sebagai sarana bersosialisasi dan berkomunikasi.

“Di era perkembangan teknologi saat ini, hampir semua informasi di eksplorasi melalui situs internet. Maka, penting sekali memiliki keterampilan membuat situs internet., terlebih di jurusan kami pemahaman-pemahaman berkenaan web, internet dan jaringan harus bisa dikuasai,”katanya.

Tanginudin melanjutkan, membuat situs internet dinamis tidaklah mudah, khususnya bagi para programer website pemula. Untuk membuat website dinamis, tidak cukup hanya dengan mempelajari cara  memasukkan data, memutakhirkan data, atau hapus data di pusat data.

Membuat situs internet dinamis tentunya juga harus tahu tentang membuat koneksi antar halaman yang saling terpadu, antara halaman 1 dengan halaman yang lainnya. Membuat menu-menu yang dapat di proses, sehingga akan menjadi sebuah situs dinamis. “Semua akan dikupas dalam pelatihan ini” ujar dia.

Pelatihan membuat situs internet dinamis akan dilanjutkan dengan penutupan Karnaval IT IBI Darmajaya seasion III 2014. Agenda yang dilaksanakan yakni pembagian hadiah bagi para pemenang lomba web local host, lomba roboline, dan Kompetisi Cerdas Cermat Komputer (KCCK).

“Berlangsung selama sepekan, Alhamdulillah acara berjalan lancer dan sukses. Sebagai agenda tahunan, kami akan terus belajar dan berusaha untuk bisa menyelenggarakan even yang lebih baik” katanya.

Pada kesempatan tersebut, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan stake holder yang telah mendukung acara Karnaval IT Seassion III, sehingga semua berjalan sebagaimana mestinya dan sesuai target yang diharapkan.

Atas keberhasilan HIMA MISI mengadakan karnaval IT, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Riset, Envermy vem, M.Sc., memberikan apresiasinya. Tak hanya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat telah mengenalkan IT, even ini diharapkan bisa menjadi ajang pembelajaran bagi mahasiswa dalam berorganisasi dan menyelenggarakan even.

“Sebagai akademisi dengan basic IT, tentunya kita harus bisa memberikan kontribusi untuk mengenalkan IT kepada masyarakat. Dan ini sudah dilakukan HIMA MISI melalui kegiatan karnaval IT,  mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi kita semua, termasuk mahasiswa dalam hal berorganisasi” pungkasnya.(rl)
 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply