» » Pemkot Gelar (lagi) Car Free Night

Bandarlampung, Teraslampung.com -Setelah sukses menggelar car free day setiap Minggu pagi, Pemkot Bandarlampung kembali membuat terobosan dengan mengadakan car free night setiap Sabtu malam. Rencananya, kegiatan itu secara resmi dimulai Sabtu (19/10) sejak pukul 17.00 hingga Minggu (20/10) sekitar pukul 04.00 WIB.

Sekretaris Kota Bandarlampung Badri Tamam mengatakan, program car free night sebenarnya sudah lama diagendakan Wali Kota Bandarlampung Drs. Hi. Herman H.N., M.M. Namun karena ada beberapa kendala, program tersebut baru dimulai besok malam (19/10).

’’Nah, lokasi car free night rencananya di sepanjang Jl. Ahmad Yani, Tanjungkarang Pusat. Nanti kami menutup jalan itu mulai Tugu Adipura sampai Tugu Sai Batin,” ujar Badri dalam konferensi pers yang dilaksanakan di ruang kerjanya kemarin.

Dilanjutkan, nantinya di sepanjang jalan tersebut ditempatkan pedagang makanan, minuman, dan pakaian. ’’Untuk kegiatan ini, kami juga sudah bekerja sama dengan Asosiasi Pedagang Kaki Lima, Asosiasi Pedagang Enggal, dan lainnya. Nantinya di kanan-kiri sepanjang jalan itu dipasang tenda untuk tempat para pedagang berjualan,” jelas dia.

Mantan sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung itu mengungkapkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polresta Bandarlampung untuk melakukan pengalihan jalan. Di mana, pengemudi kendaraan bermotor dari arah Jl. Raden Intan yang ingin melintas ke Jl. Ahmad Yani dialihkan ke Jl. S. Parman.

’’Nah kalau pengemudi kendaraan bermotor yang melintas dari arah Jl. Sudirman dan Jl. Diponegoro mau ke Jl. Ahmad Yani dialihkan ke Jl. M.H. Thamrin,” terangnya.

Badri meneruskan, selain diisi berbagai jenis jajanan dan pakaian, kawasan car free night juga akan diisi berbagai hiburan dengan menampilkan band-band lokal. Sehingga akan menghidupkan suasana malam hari di Bandarlampung.

’’Kita juga akan menyediakan panggung hiburan yang diisi oleh band-band lokal untuk menghibur masyarakat. Ini sebagai bentuk dukungan dalam rangka tahun kunjungan wisata,” ucapnya.

Terkait pengamanan dan kebersihan di kawasan car free night, pemkot akan menurunkan tim dari polisi pamong praja (Pol. PP) serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam). Di mana fungsi dari Pol. PP untuk menjaga situasi dan kondisi agar aman terkendali.

’’Disbertam juga kami siapkan pada kegiatan car free night. Apalagi, acara ini kan selesainya pukul 04.00. Nah paginya, kami melaksanakan car free day sekitar pukul 06.00. Jadi ada waktu dua jam untuk Disbertam membersihkan tempat itu,” paparnya.

Badri menambahkan, digelarnya car free night juga merupakan upaya Pemkot Bandarlampung meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Tapis Berseri.

’’Kami berharap dengan adanya car free night ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (rdl)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply